gubhug reyot
Energy Saving Mode Using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

Copyright 2010 gubhugreyot.blogspot.com - All rights reserved

Thursday 16 February 2012

Related PostsShow/Hide

Cara menambah gadget BloGGeR

Ini adalah sebuah tutorial blogger sederhana tentang cara menambah gadget blogger. Diharapkan panduan dan tutorial blogger ini dapat memberi manfaat bagi blogger-blogger yang baru memulai menerjuni dunia blogging. Tak terlalu banyak memang yang bisa diberikan melalui tulisan ini, hanya sekedar penambah informasi dan pengenalan blogger baru terhadap blog dan elemen-elemen pembentuknya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menambah sebuah gadget (add a gadget) di blogger, rasanya akan lebih menarik seandainya kita sedikit mendalami apa yang dimaksud dengan gadget. Ini menjadi sangat menarik karena membicarakan tentang gadget tentu tak akan lepas dari istilah lain yang hampir serupa, yaitu "Widget". Beberapa kali penulis telah mencoba untuk memastikan "apakah gadget dan widget ini sama?", namun hingga saat ini tak satupun sebuah panduan atau tutorial yang menjelaskan "gadget dan widget" ini secara gamblang.

Karena berbagai keterbatasan informasi tentang dua istilah ini, penulis akhirnya mencoba untuk menterjemahkan pengertian keduanya berdasarkan apa yang selama ini ketahui.

Widget adalah sekumpulan kode html yang terdiri dari kode CSS, javascript dan xHTML atau slah satu dari ketiga elemen html di atas yang mempunyai fungsi khusus (tertentu) dan diperuntukkan untuk melengkapi fungsi blog/web yang sebelumnya belum ada (terpasang). Ini akan berbeda dengan gadget karena sebuah gadget sekalipun tersusun atas elemen yang sama namum belum tentu menjalankan sebuah fungsi khusus yang sebelumnya belum ada di blog/web. Pemahaman ini didasari atas ketersediaan gadget di blogger, dimana salah satu di antaranya adalah "gadget HTML/Javascript". Gadget ini adalah sebuah kenyataan bahwa "sebuah gadget" belum tentu merupakan kumpulan terpadu kode html dengan fungsi yang langsung dapat bekerja, karena bahkan setiap pemilik blog dapat menambahkan atau menyimpan sembarang kode html di dalam "Add a Gadget HTML/Javascript". Termasuk di dalamnya bahkan kode html yang sama sekali tak berkaitan dengan fungsi-fungsi blog (kode yang tak berguna).

Gadget dan widget banyak yang disediakan oleh blogger (blogger plugin) dan dapat anda akses melalui fitur "Rancangan (Design) | Elemen Laman (Page Elements) | Tambah Gadget (Add a Gadget). Anda dapat memilih dan memasang salah satu atau beberapa gadget sekaligus yang memang dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati semua posting. Beberapa situs juga menyediakan berbagai widget berbayar atau gratis. Tentu saja banyak diantaranya yang terlihat lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan yang telah disediakan oleh blogger. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan widget dari luar yang sudah disediakan blogger, anda bisa memanfaatkan "Gadget HTML/Javascript".

Cara Menambah Gadget Blogger
Klik setiap gambar untuk memperbesar!
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah login di blogger karena semua penambahan gadget hanya bisa dilakukan setelah kita masuk di halaman dasbor. Untuk login ke blogger anda bisa klik di sini. Tuliskan alamat email secara lengkap jika anda menggunakan email selain dari google mail (yahoo mail, dll) dan cukup tuliskan user name jika anda gunakan email dari gmail. Tuliskan juga password anda di box yang kedua. Buatlah password yang sama seperti yang digunakan di email agar tak mudah lupa. Setelah semua lengkap dan benar, klik "Sign in".
  2. Dasbor (Dasboard).
    Halaman ini akan anda jumpai setelah login. Beberapa fitur blogger tersedia di sini, diantaranya Posting, Comments, Settings, Design, Monetize, Stats, dll. Cari dan klik "Rancangan (Design)".
  3. Add and Arrange Page Elements:
    Disinilah semua penambahan gadget/widget bermula. Halaman ini terdiri atas beberapa elemen penyusun blog. Anda bebas untuk menentukan sendiri dimana gadget akan di tambahkan. Elemen yang paling sering digunakan adalah pada bagian sidebar (kiri dan/atau kanan. Untuk gadget yang berfungsi sebagai tab menu horizontal (Link List, Blog List dan Pages) secara khusus ditempatkan di bawah header. Cobalah untuk klik salah satu "Add a Gadget" dan tunggu beberapa saat hingga window baru terbuka.
  4. Tambahkan sebuah gadget (Add a Gadget):
    Banyak pilihan gadget yang tersedia, salah satu di antaranya HTML/Javascript. Cobalah dulu dengan gadget yang lain karena "Gadget HTML/Javascript" hanya digunakan untuk menambahkan widget atau kode html yang berasal dari luar blogger. Anda bisa mencobanya dengan menambahkan gadget "Label", kenudian untuk selanjutnya anda bisa mencoba yang lain. Cobalah sebanyak-banyaknya karena anda bisa menghapus widget ini kembali.
  5. Klik "SIMPAN (SAVE)".
  6. Lihat hasil penambahan gadget dengan membuka blog!

2 comments:

  1. makasih gan tas infonya.. blog agan sangat menarik.. please gan posting kan cara membuatnya lebih detail...
    makasih sebelumnya gan..

    kunjungi juga blog ane ya gan di
    http://www.vierrevierra.blogspot.com

    ReplyDelete