gubhug reyot
Energy Saving Mode Using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

Copyright 2010 gubhugreyot.blogspot.com - All rights reserved

Sunday 19 February 2012

Related PostsShow/Hide

Trick dan cara membuat label (kategori) posting di Blogger

Label atau kategori posting adalah sebuah kata atau beberapa kata yang digunakan untuk membagi (memisahkan) posting dalam beberapa kelompok tertentu dengan berdasarkan klasifikasi materi posting. Setiap label dibuat dan ditentukan sendiri oleh pembuat posting dengan berdasarkan isi posting dan bertujuan untuk mempermudah pengunjung untuk mendapatkan posting berdasarkan kelompok. Agar dalam blog bisa dimunculkan sebagai label, tuliskan kata atau teks yang akan digunakan untuk pengelompokkan posting ini pada "boks Label" yang terletak di "boks Posting". Gunakan "tanda koma" setiap akan dimulai label baru!
Contoh:
Tutorial Blogger, Panduan Blogger, Tips - Tricks Blogger, Widget, ....dst
Dengan memberi label atau kategori pada posting maka setiap posting akan mempunyai kelompok berdasar kategori tersebut hingga ketika pengunjung klik pada kategori tertentu seluruh posting yang "termasuk dalam kategori tersebut" akan ditampilkan blogger.
Satu posting juga tak harus hanya menggunakan 1 (satu) buah label. Anda bisa menggunakan beberapa label sekaligus dengan tujuan tertentu. Sebagai contoh misalnya posting "tentang Matematika". Anda bisa gunakan beberapa kategori sekaligus seperti: Kelas 7, Kelas 8, Kelas 9, Pustaka Gila, SD, SMP, SMU dll. Setelah label posting cukup lengkap, untuk memberi label tak perlu dengan menulis kembali di box label. Cukup dengan klik Show All, kemudian klik teks label yang dikehendaki. Label terpilih secara otomatis akan tertuliskan di box label.

Langkah Membuat Label (Kategori)

  1. Login ke Blogger
  2. Halaman Dasbor (Dasboard).
    Pilih dan klik "New Post (Posting Baru)".
  3. Tentukan materi posting, judul posting dan tuliskan "label (kategori)" dalam box Labels yang terletak di bagian bawah box posting (lihat gambar dan klik untuk perbesar!).
  4. Terbitkan Posting

Catatan/Keterangan:

  1. Label (kategori) akan ditampilkan tepat di bawah posting.
  2. Menampilkan daftar posting berdasarkan kategori atau label, dapat dilakukan dengan cara mengaktifkan gadget labels (widget Labels). Widget Labels secara otomatis akan memuat semua data posting berdasarkan label (lihat gambar paling atas!). Angka-angka di sebelah kanan label menunjukkan jumlah posting yang menggunakan label (kategori) tersebut.
  3. Anda dapat menggunakan lebih dari satu label pada setiap posting.
  4. Untuk menghapus salah satu atau beberapa label yang sudah tertulis dalam daftar label yang terdapat di bawah box label( All Labels:) dapat dilakukan dengan menghapus "teks label yang akan dimusnahkan" pada setiap posting yang menggunakan "label yang akan dimusnahkan tersebut". Jadi misalnya sebuah label "Racun Tikus" digunakan pada 5 buah posting, maka anda harus menghapus "teks (label) Racun Tikus" di ke-5 posting. Jika masih ada "satu saja" label yang belum terhapus dari posting, maka label terebut masih akan terlihat di daftar label posting.
  5. Biasanya semakin banyak posting dibuat maka akan semakin banyak pula label yang harus dibuat.

Catatan/Keterangan:

Setelah mengetahui cara membuat label di box posting, selanjutnya anda harus menggunakan widget Labels agar seluruh label posting ditampilkan di halaman posting secara terpisah dalam sebuah box widget. Tutorialnya silahkan buka di sini!

Cara mengaktifkan dan menampilkan Widget Labels di Blogger

0 comments:

Post a Comment